Header AD

APAKAH PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) ITU?


Bagi insan silat di Indonesia, nama PSHT atau Persaudaraan Setia Hati Terate tentu bukan nama yang asing. Bahkan bagi sebagian pesilat non PSHT, nama besar PSHT bisa menggetarkan dadanya. Dadanya bisa berdegup kencang manakala mengetahui musuhnya di matras hijau adalah Pesilat PSHT. 


PSHT adalah singkatan tak resmi dari Persaudaraan Setia Hati Terate. Singkatan resmi dari Persaudaraan Setia Hati Terate adalah SH Terate. SH Terate didirikan oleh Ki Hajar Harjo Utomo pada tanggal 2 September 1922 di Desa Pilangbango, Kota Madiun. Dengan demikian pada tahun 2022 nanti SH Terate akan genap berusia 100 tahun atau 1 Abad. 


SH Terate merupakan 10 Perguruan Historis pendiri IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta. Oleh karena itu, SH Terate mendapatkan kedudukan khusus dalam AD/ART IPSI, yakni sebagai Perguruan Historis yang memiliki keanggotaan secara otomatis di pusat. 


SH Terate berpusat di Madiun, tepatnya di Padepokan Agung Madiun jalan Merak Nomor 10 dan 17 Kelurahan Nambangan Kidul, Kota Madiun. Saat ini SH Terate memiliki jumlah anggota lebih dari 8 juta orang di seluruh dunia, dan memiliki lebih dari 340 cabang dan cabang. 


Pendekar SH Terate disebut Warga SH Terate. Warga SH Terate terdiri dari 3 tingkatan yakni:

  1. Warga SH Terate Tingkat 1 
  2. Warga SH Terate Tingkat 2
  3. Warga SH Terate Tingkat 3

Di SH Terate tidak dikenal istilah guru dan murid seperti di perguruan silat lainnya. Di SH Terate para "guru/pelatih" dipanggil dengan sebutan "mas/mbak pelatih" sedangkan yang dilatih dipanggil dengan sebutkan "adik". Hal ini segaris dengan konsep Persaudaraan yang dianut oleh SH Terate. 


Siapapun yang ingin menjadi anggota PSHT atau SH Terate seseorang harus menjalani latihan, tanpa kecuali. Ada 4 tahapan yang harus dilalui seorang siswa SH Terate untuk menjadi Seorang Warga:

  • Siswa Tingkat Sabuk Polos
  • Siswa Tingkat Sabuk Jambon 
  • Siswa Tingkat Sabuk Hijau
  • Siswa Tingkat Sabuk Putih

Setelah melewati tahapan diatas, barulah seorang siswa dapat disahkan sebagai anggota PSHT atau Warga SH Terate. 


SH Terate tidak hanya mengajarkan pencak silat sebagai bela diri. Lebih dari itu di SH Terate juga diajarkan olahraga, kesenian, kerohanian, dan tentu saja persaudaraan. Tujuan utama Persaudaraan Setia Hati Terate adalah Mendidik Manusia Berbudi Pekerti Luhur Tahu Benar dan Salah, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta ikut memayu hayuning bawono. 


Saat ini Persaudaraan Setia Hati Terate di Ketuai oleh Kangmas Drs. R. Murjoko, HW dan Sekretaris Umumnya Kangmas Ir. Tono Suharyanto. Selain itu di organiasi SH Terate ada juga yang disebut Dewan Pusat, yakni lembaga tertinggi organisasi yang bertugas menjaga ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate. (EBS)


BACA JUGA:



INFO:

Ingin Kegiatan Saudara dipublikasikan di website www.pshtlampung.com

silahkan hubungi WA. 08978190978 atau 082186409241


APAKAH PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) ITU? APAKAH PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) ITU? Reviewed by PSHT LAMPUNG on Rabu, Desember 01, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar


IKLAN USAHA