Header AD

2 SEPTEMBER 1922 HARI LAHIR PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE

Ki Hajar Harjo Utomo (Pendiri PSHT)
Lahir: di Winongo, Madiun tahun 1883
Wafat: 13 April 1952

Sudah berpuluh-puluh tahun, setiap Suro (Muharram dalam kalender Islam) Warga PSHT menyelenggarakan berbagai macam ritual organisasi: pengesahan, tirakatan, pembersihan, dan sebagainya. Bulan Suro dalam kalender Jawa, merupakan waktu yang ditunggu-tunggu baik oleh pelatih maupun siswa sebab pada bulan inilah puncak dari kegiatan latihan yang merupakan seleksi alam bagi setiap orang yang ingin masuk dan diterima sebagai anggota PSHT yang disebut Warga baik tingkat 1 maupun tingkat 2. 

Selain itu Bulan Suro ini juga diyakini sebagai bulan kelahiran organisasi PSHT oleh Ki Harjo Utomo 99 tahun lalu (tahun 1922 atau 1341 Hijriah). Tentu Bulan Suro 99 tahun lalu ada kesesuaiannya dengan kalender masehi atau yang dikenal dengan istilah Kalender Gregorian. Setelah diselidiki Bulan Muharram tahun 1341 Hijriah itu bertepatan dengan Bulan September 1922. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bawah Bulan September 1922 atau Bertepatan dengan Bulan Muharram 1341 Hijriah adalah Bulan dan Tahun Kelahiran Organisasi PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate). 

Lalu tanggal berapa resminya Ki Hajar Harjo Utomo mendirikan PSHT? Tidak semua orang tahu persis tanggal pendiriannya. Namun berkat kegigihan Tim Penggali Sejarah yang dibentuk oleh Pengurus Pusat PSHT dibawah Kepemimpinan Kangmas Drs. R. Murjoko HW menyimpulkan bahwa tanggal didirikannya PSHT adalah tanggal 10 Muharram (10 Suro), bukan tanggal 1 Muharam sebagaimana diyakini oleh banyak warga PSHT selama ini. Kesimpulan Tim Penggali Sejarah PSHT ini disepakati setelah melakukan kajian-kajian manuskrip-manuskrip kuno yang dimiliki oleh PSHT maupun dokumen-dokumen pribadi keluarga besar PSHT maupun wawancara dengan tokoh-tokoh sepuh PSHT yang mengalami masa-masa awal pergerakan PSHT yang masih hidup, maupun dengan anggota keluarga tokoh-tokoh PSHT yang sudah meninggal Dunia. 

Tanggal 10 Muharram 1341 Hijriah disimpulkan oleh Tim Penggali Sejarah PSHT sebagai Hari Kelahiran Organisasi PSHT yang dididirikan oleh Ki Hajar Harjo Utomo. Jika disesuaikan dengan Kalender Gregorian, maka tgl 10 Muharram 1341 H sama dengan tanggal 2 September 1922 M. Dengan demikian maka berdasarkan Keputusan Parapatan Luhur PSHT Tahun 2021 disepakati dan dinyatakan tanggal 2 September 1922 adalah Hari Kelahiran PSHT, yang bertepatan dengan 10 Muharram 1922. Hal ini tertuang secara jelas dalam Anggaran Rumah Tangga Persaudaraan Setia Hati Terate pasal 1 ayat 1 yang berbunyi:

SH Terate didirikan pada hari Sabtu legi tanggal 2 September tahun 1922 Masehi bertepatan dengan tanggal 10 Muharram tahun 1341 Hijriyah atau 10 Suro tahun 1853 Ssaka di Desa Pilangbango Kota Madiun Jawa Timur Indonesia untuk jangka waktu yang tidak terbatas. (EBS)

2 SEPTEMBER 1922 HARI LAHIR PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE 2 SEPTEMBER 1922 HARI LAHIR PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE Reviewed by PSHT LAMPUNG on September 20, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD