Header AD

MAS BADINI TOKOH PSHT DARI MAGETAN

Eyang Badini Lahir di Magetan hari Minggu Pon tanggal 9 September 1923. 
Th. 1934 — Bersamaan dengan lulusnya kader pertama SH dibawah asuhan Ki Hadjar Hardjo Oetomo, Badini masuk menjadi siswa SH, saat itu beliau berlatih bersama 5 siswa SH lainnya yaitu: Hardjo Soejono, Soemodiran, Soetomo, Soemodirdjo, dan Pamoedji (Purn. Laksamana). 
Th. 1935 — Bertemu dengan Hardjo Mardjoet yang kemudian ikut melatih Badini hingga disyahkan pada tahun 1938. 
Th. 1951 — Tanggal 25 Maret memenuhi wasiat Ki Hadjar Hardjo Oetomo mengumpulkan saudara SH untuk membuat wadah yang kuat dan melestarikan ajaran SH. 30 kadhang SH termasuk Badini dapat berkumpul dan merumuskan beberapa hal diantaranya: pencetusan nama “Setia Hati Terate”, pembuatan AD/ART, pembuatan lambang SH Terate, serta membentuk pengurus. Saat itu Badini ditunjuk sebagai pelatih bersama Hardjo Mardjut, Badini adalah tokoh SH yang memiliki jiwa seni tinggi yang mampu menyempurnakan lambang SH Terate hingga dipakai sampai saat ini, beliau juga ahli solo spell dan pernah menjadi juara 1 tunggal putra Jawa Timur di Jember. 
Th. 1954 — Bersama Hardjo Mardjoet menjadi pasangan demonstrasi seni pencak silat di Istana Kepresidenan Jakarta dan disaksikan langsung oleh Presiden Ir. Soekarno. Saat ngenger kepada Ki Hadjar Hardjo Oetomo, beliau juga ikut menjualkan lukisan karya Ki Hadjar Hardjo Oetomo berkeliling dari desa ke desa dengan berjalan kaki. 
Th. 1977 — Sampai dengan tahun 1988 Badini menjabat sebagai Ketua Umum dan Ketua Dewan Pusat PSHT. 
Th. 1988 — Wafat hari Kamis Kliwon 3 November. Dimakamkan di Desa Ringin Agung, Ngariboyo, Magetan. Pernah tinggal di Jl. Mayangkembar 5, Desa Oro-oro Ombo, Kartoharjo, Madiun.
MAS BADINI TOKOH PSHT DARI MAGETAN MAS BADINI TOKOH PSHT DARI MAGETAN Reviewed by PSHT LAMPUNG on Selasa, Oktober 11, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar


IKLAN USAHA