Header AD

PSHT CABANG MESUJI PEDULI ANAK YATIM

Pengurus PSHT Cabang Mesuji, Lampung
BErsama Anak Yatim 

(pshtlampung.com, Mesuji. 18/04/22). Salah satu ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) atau PSHT adalah urip iku urup. Yakni bahwa hidup warga SH Terare itu harus dapat memberi manfaat kepada sesama. Ajaran ini selalu disampaikan para pelatih SH Terate kepada adik-adiknya saat latihan. Konsep Urip Iku Urup memiliki makna bahwa hidup itu hendaknya dapat memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang kita berikan tentu akan semakin baik bagi kita maupun orang lain, tetapi sekecil apapun manfaat yang kita berikan kepada orang lain jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat.


Urip Iku Urup diartikan sebagai Hidup itu Hidup (nyala). makna filosofi ini luar biasa, bahwa kita dilahirkan di dunia ini bukan untuk berdiri sendiri, berkuasa dan semua hanya untuk diri sendiri, akan tetapi kita lahir untuk saling memberi, saling menolong dan saling membantu sesama tanpa ada rasa pamrih. Semua agama banyak mengupas hal ini bahwasannya manusia sebagai makhluk sosial harus saling interaksi dan menolong kepada sesama, bahwa kita hidup didunia ini hanyalah sebuah ujian untuk mendapatkan kehidupan yang kekal dan lebih baik di kehidupan berikutnya.


Sebagai implementasi ajaran tersebut, PSHT Cabang Mesuji yang diketuai oleh Kangmas Lasmidi pada Bulan Suci Ramadhan ini melakukan kegiatan berbagi dengan anak-anak yatim dan fakir miskin. Kegiatan berbagi ini dilaksanakan di Ranting Tanjung Raja, Kabupaten Mesuji. Menurut Kangmas Lasmidi yang juga Ketua Cabang Mesuji, kegiatan ini dilakukan oleh Pengurus Ranting Tanjung Raja yang tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa PSHT bukan sekedar organisasi pencak silat yang mengajarkan siswanya bela diri, namun PSHT juga organisasi yang sangat mengutamakan persaudaraan baik sesama warga PSHT maupun dengan masyarakat umum. 


Dalam agama Islam anak yatim piatu mendapat begitu banyak keistimewaan. Ada banyak sekali manfaat dan keutamaan menyantuni anak yatim yang bisa mendatangkan berkah untuk kehidupan kita. Melalui berbagai firmannya-Nya dalam Al-Quran, Allah SWT menyuruh hamba-Nya untuk memperhatikan anak yatim dengan sebaik-baiknya. Begitu istimewanya anak yatim, sampai disebutkan sebanyak 23 kali dalam Al-Quran. Menyantuni dan menyayangi anak yatim tentu akan memberikan keberkahan bagi kita. Dalam hadis juga disebutkan bahwa orang yang mengasihI dan merawat anak yatim kedudukannya dekat dengan Rasulullah SAW di surga, seperti dekatnya jari telunjuk jari tengah. “Bahwa saya dan orang-orang yang memelihara anak yatim dengan baik akan berada di surga, bagaikan dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah, lalu Nabi mengangkat tangannya dan memperlihatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, lalu ia renggangkan.” (HR al-Bukhari). Menyayangi dan memuliakan anak yatim juga akan mendatangkan keberkahan lainnya, seperti mendapatkan predikat abror, menjadi ibadah yang mendatangkan pertolongan Allah SWT, menghindarkan dari siksa akhirat, dan mendapat ridho dari Allah SWT.


Kangmas Lasmidi berharap agar kegiatan seperti ini dibudayakan di seluruh ranting/rayon PSHT di Cabang Mesuji. Pengurus Cabang sepenuhnya mendukung kegiatan yang positif ini, sebagai upaya membangun citra positif organisasi di mata masyarakat dan pemerintah daerah. (EBS)


BACA JUGA:

TIM POLDA LAMPUNG KUNJUNGI PEMBANGUNAN PADEPOKAN PSHT MESUJI

INILAH...!!! BADAN HUKUM PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT)

profil ketua perwapus psht provinsi lampung kangmas supeno, shi


PSHT CABANG MESUJI PEDULI ANAK YATIM PSHT CABANG MESUJI PEDULI ANAK YATIM Reviewed by PSHT LAMPUNG on Kamis, April 21, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar


IKLAN USAHA